Minggu, 13 Juli 2008

SISI BAIK SEDEKAH

Jika segala sesuatu yang berkaitan dengan amal perbuatan, hampir dipastikan ada sisi positif dan negatifnya, namun tidak demikian halnya dengan sedekah. Sedekah merupakan amal perbuatan yang di lihat dari sudut pandang manapun, yang terlihat adalah sisi baik dan positif. Baik dari pihak yang mengeluarkan sedekah, maupun dari pihak orang-orang yang diberinya sedekah.

Dan perlu diketahui bahwa untuk menjadi seorang muslim yang dermawan, tidak harus menunggu datangnya
harta yang berlimpah dan menyulap dirinya menjadi kaya raya terlebih dahulu. Sebab orang yang hidup pas-pasan pun bisa mendadak menjadi seorang dermawan bila dirinya mau sedikit saja berbagi dengan saudaranya yang muslim.

Rasulullah saw bersabda : Barang siapa yang memberi makanan roti pada saudaranya (yang muslim) sehingga membikinnya kenyang, dan memberinya minuman air sehingga menyegarkan, Maka Allah Menjauhkan kepada orang yang memberi dari siksaan api neraka dengan jarak tujuh parit', setiap parit sekitar tujuh ratus tahun perjalanan. (HR.An-Nasa I dan Al-Hakim)

Dengan demikian, untuk mengambil sisi baiknya dan keagungan dibalik sedekah, tidaklah seseorang menunggu harta menumpuk. Sebab tidak ada himbauan untuk mengumpulkan harta terlebih dahulu, baru bersedekah. Agar lebih mantap lagi, tak ada salahnya kita berkaca pada orang-orang yang mempunyai keimanan dan ketaqwaan yang tangguh, hingga tak ada setitikpun rasa sayang terhadap harta benda, yang membuat mereka terhalangi dari kebaikan sedekah.

Tidak ada komentar: